Target dan Sasaran Program

Sasaran Program

1. Pendidikan Kesetaraan  Paket A/B/C
Hasrat masyarakat mendapatkan akses pendidikan tidak selamanya dapat tersalurkan dan terbina dengan baik dalam satu lingkup satuan pendidikan formal. Meskipun pemerintah sudah membebaskan biaya pendidikan tingkat SD dan SMP, tetap saja angka tidak bersekolah baik putus seklah mapun drop out, masih tinggi.

Masih banyak anak usia sekolah ini tidak bersekolah. Nah dalam lima pilar pembangunan pendidikan, wajib bagi negara dan atau masyarakat pecinta pendidikan untuk memberikan fasilitas dan menerima semua anak usia sekolah ini, agar mereka dapat mengenyam pendidikan yang selayaknya.

Termasuk di antaranya adalah lembaga pendidkan non formal seperti PKBM yang lahir dari masyarakat dengan  membuka peluang seluas-luasnya kepada warga masyarakat berbagai umur untuk menikmati dan menerima hak belajar.

Karenanya, PKBM Edukasi dalam hal ini, lahir dalam rangka memberikan pelayanan sebaik-baiknya dengan membuka program pendidikan tingkat kesetaraan seperti Paket A (setara SD), Paket B (setara SMP) dan Paket C (setara SMA). Selain itu, membina dalam koridor kecapakan hidup, vokasional dan juga bimbingan kewirausahaan lewat berbagai acuan dan pedoman yang ditetapkan oleh Departemen Pendikan Nasional, lewat jalur PAUDNI Kemendiknas RI.

2. Pendidikan Keterampilan  Berbasis IT

  • Komputer (design grafis, multimedia, web design, programmer, service dan rakit komputer, potografi, dll.
  • Kursus Keterampilan Wanita (kecantikan, pembuatan kue, merangkai bunga dan lain-lain).
3. Kelompok Belajar Usaha Mandiri 
Program ini merupakan lanjutan dari program keterampilan. Bila program keterampilan (life skill)menghasilkan produk berupa jasa, maka bagaimana penyaluran, penjualan dan pemasaranya ini membutuhkan sebuah skill tersendiri.
Karenanya, dalam program wirausaha mandiri ini, mereka yang telah mendapatkan program pembelajaran life skill diupayakan untuk dibina kembali dalam sebuah kelompok yang selanjutnya bersama-sama memasarkan produk atau jasanya kepada masyarakat luar.
PKBM Edukasi dalam hal ini memberikan fasilitas, bimbingan serta basis usaha mereka yang kemudian diharapkan dapat berkembang dan bermanfaat serta mendatangkan hasil yangprofitable.
Secara singkat program yang dijalankan adalah:

  1. Pendidikan Non Formal
  2. Kursus Keterampilan
  3. Bimbingan belajar
  4. Pengajaran Dasar Keagamaan
  5. Kelompok Wirausaha Mandiri

Target 12 bulan

  • Terciptanya, 20 warga masyarakat yang kurang mampu secara ekonomi, dapat  memiliki keterampilan dan berusaha  memiliki usaha sendiri.
  • Dalam satu tahun program berjalan, terselenggaranya program pendidikan kesetaraan dan bisa membebaskan 100 warga belajar yang bermasalah dengan pendidikanya kemudian setelah melalui proses belajar yang benar, dapat lulus dalam ujian dengan baik.
  • Terbentuknya komunitas kerja kreatif para remaja kota dalam menguasai bidang keterampilan komputer (grafis, web designer, mengelola toko online, service dan rakit komputer)

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s