Profil

Apa itu  PKBM Edukasi?

Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Edukasi merupakan kelompok belajar non formal dan informal yang terus berpacu untuk berupaya meningkatkan SDM lewat jalur pembelajaran dan berketerampilan serta kelompok wirausaha mandiri.

Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) EDUKASI hadir dari keinginan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan akan pendidikan kesetaraan dan program keterampilan dan usaha/jasa. Maka hadirnya PKBM Edukasi diharapakan sebagai jawaban untuk menjadi pelayan setia masyarakat dalam memenuhi keinginan besar untuk kemajuan masing-masing anggota masyarakatnya.

Latar Belakang Berdirinya

Meskipun masyarakat yang bertempat tinggal  di ibukota Jakarta, tetapi persoalan SDM dan kesempatan bekerja dan persaingan hidup  menjadi benang kusut yang terus menggerogoti persoalan komunitas kota yang terkenal padat penduduk ini.

Padahal di sisi lain, kesempatan untuk tetap survive dalam komunitas kota cukup terbuka peluang untuk  berkomptensi karena justru dengan padatnya penduduk, memberikan peluanag lain yang masih belum tergali di masing-masing individu. Salah satu peluang itu adalah bagaimana menggali potensi kreativitas dan keterampilan secara utuh dan dapat diandalkan yang kemudian bagaimana menjalankan produk keterampilan itu disalurkan.

HadirnyaPKBM Edukasi yang diprakarsai oleh keinginan dan dorongan masyrakat agar tampil menjadi fasilitas dan pelayanan yang baik, guna memberikan kontribusi positif dan konstruktif dalam rangka menjawab persoalan SDM dan kemasyarakatan itu.

Semangat itu, merupakan bagian dari program Yayasan Al Ittihad yang dibangun untuk konsen dalam pendampingan masyarakat dalam bidang pendidikan dan ketermapilan serta kelompok usaha bersama.

Visi PKBM Edukasi

Terciptanya masyarakat  yang  edukatif, inovatif dan komunikatif  dan bersinergi pada kemandirian ekonomi dan sosial kemasyarakatan demi terciptanya kemandirian bangsa.

Misi PKBM Edukasi

  1. Terbebasnya masyarakat dari buta aksara dan “buta wirausaha”;
  2. Terbentukanya karakter kreatif, inovatif dan komunikatif untuk mengatasi dan menghadapi persoalan dalam kehidupan warga belajar dalam kehidupannya;
  3. Bersama masyarakat yang lain terus menerus membantu agar terbebasnya warga masyarakat yang kurang beruntung agar memiliki bukti kemandirianya lewat sikap dan karakter yang edukatif, berkepribadian serta berpenghasilan.

Tujuan:

  1. Memberikan peluang seluas-luasnya bagi masyarakat yang memiliki kendala untuk menikmati pendidikan dasar dan menengah yang tidak tertampung atau berbagai sebab sehingga putus sekolah atau drop out.
  2. Membuka peluang pendidikan keterampilan dan vokasional bagi masyarakat serta membimbing hingga memiliki kecapakan hidup yang diharapkan nantinya berfungsi untuk memperoleh akses pekerjaan ataupun usaha sendiri, sehingga bisa mandiri dalam kehidupannya.
  3. Menciptakan sinergi antara keterampilan dengan peluang usaha. Dalam hal ini, PKBM Edukasi berupaya  menjadi rumah belajar usaha (Kelompok Belajar Usaha) yang akan melatih menciptakan produk dan/atau jasa yang kemudian secara bersama-sama terciptanya kelompok usaha  bersama dalam  berwiraswasta.
  4. Membuka keran pendidikan bagi semua umur (education for all) dalam lingkup PKBM. Dalam hal ini, kelompok belajar ini tidak saja membatas pada masyarakat yang maraginal tetapi juga menjadi rumah belajar bagi para pelajar dari pendidikan formal. Dengan membentuk kelompok belajar semacam bimbingan belajar, kursus bahasa dan lain-lain. Sehingga bagi warga belajar non formal dapat bersinergi dengan pelajar formal.

Sasaran Program

1. Pendidikan Kesetaraan  Paket A/B/C
Hasrat masyarakat mendapatkan akses pendidikan tidak selamanya dapat tersalurkan dan terbina dengan baik dalam satu lingkup satuan pendidikan formal. Meskipun pemerintah sudah membebaskan biaya pendidikan tingkat SD dan SMP, tetap saja angka tidak bersekolah baik putus seklah mapun drop out, masih tinggi.

Masih banyak anak usia sekolah ini tidak bersekolah. Nah dalam lima pilar pembangunan pendidikan, wajib bagi negara dan atau masyarakat pecinta pendidikan untuk memberikan fasilitas dan menerima semua anak usia sekolah ini, agar mereka dapat mengenyam pendidikan yang selayaknya.

Termasuk di antaranya adalah lembaga pendidkan non formal seperti PKBM yang lahir dari masyarakat dengan  membuka peluang seluas-luasnya kepada warga masyarakat berbagai umur untuk menikmati dan menerima hak belajar.

Karenanya, PKBM Edukasi dalam hal ini, lahir dalam rangka memberikan pelayanan sebaik-baiknya dengan membuka program pendidikan tingkat kesetaraan seperti Paket A (setara SD), Paket B (setara SMP) dan Paket C (setara SMA). Selain itu, membina dalam koridor kecapakan hidup, vokasional dan juga bimbingan kewirausahaan lewat berbagai acuan dan pedoman yang ditetapkan oleh Departemen Pendikan Nasional, lewat jalur PAUDNI Kemendiknas RI.

2. Pendidikan Keterampilan  Berbasis IT

  • Komputer (design grafis, multimedia, web design, programmer, service dan rakit komputer, potografi, dll.
  • Kursus Keterampilan Wanita (kecantikan, pembuatan kue, merangkai bunga dan lain-lain).
3. Kelompok Belajar Usaha Mandiri 
Program ini merupakan lanjutan dari program keterampilan. Bila program keterampilan (life skill) menghasilkan produk berupa jasa, maka bagaimana penyaluran, penjualan dan pemasaranya ini membutuhkan sebuah skill tersendiri.
Karenanya, dalam program wirausaha mandiri ini, mereka yang telah mendapatkan program pembelajaran life skill diupayakan untuk dibina kembali dalam sebuah kelompok yang selanjutnya bersama-sama memasarkan produk atau jasanya kepada masyarakat luar.
PKBM Edukasi dalam hal ini memberikan fasilitas, bimbingan serta basis usaha mereka yang kemudian diharapkan dapat berkembang dan bermanfaat serta mendatangkan hasil yang profitable.
Secara singkat program yang dijalankan adalah:

  1. Pendidikan Non Formal
  2. Kursus Keterampilan
  3. Bimbingan belajar
  4. Pengajaran Dasar Keagamaan
  5. Kelompok Wirausaha Mandiri


Target 12 bulan

  • Terciptanya, 20 warga masyarakat yang kurang mampu secara ekonomi, dapat  memiliki keterampilan dan memiliki usaha sendiri.
  • Dalam satu tahun program berjalan, terselenggaranya program pendidikan kesetaraan dan bisa membebaskan 100 warga belajar yang bermasalah dengan pendidikanya kemudian lulus dalam ujian.
  • Terbentuknya komunitas kerja kreatif para remaja kota dalam menguasai bidang keterampilan komputer (grafis, web designer, mengelola toko online, service dan rakit komputer)

Pengelola

Adapun pengelola PKBM Edukasi, Jakarta ini beranggotan para sarjana di bidang pendidikan yang telah berpengalaman dalam pelatihan ketermapilan tingkat nasional dan guru-guru/tutor dalam bidang studi yang dikuasainya.

Legalitas

PKBM Edukasi diprakarsai oleh  Yayasan  Yayasan Al Ittihad yang bergerak di bidang pendidikan masyarakat  dan telah terdaftar di depkumham serta memiliki nomor wajib pajak.

Fasilitas

  • Gedung Milik Sendiri
  • Tiga ruang kelas
  • Satu ruang keterampilan
  • Lab Komputer
  • Sambungan Internet
  • Free HotSpot
  • Kursi belajar seperti kursi kuliah
  • White Board
  • Alat peraga pendidikan
  • Perpustakaan
  • Portal Internet dan Perpustakaan Digital
  • I-Learning

Lokasi:

  • Jl. Peninggaran Timur II/2 RT.005 /09 Kebayoran Lama Utara, Jakarta Selatan 12240.
  • Telp/Fax:  021-7293220; 021-91811738 (esia)
  • Mail: pkbmedukasi@gmail.com
  • YM: pkbmedukasi



3 thoughts on “Profil

  1. Ping-balik: Dua Peserta Didik Edukasi Jakarta Tembus PTN | PEDUKASI JAKARTA

  2. Saya mau minta tolong. Saya mau dpt ijazah paket C. Tapi saya gk bisa mngikuti ujiannya.
    Gimana pak/bu bsa bantu.
    Lau soal persyaratan ikut ujian paket C nanti saya kirim lewt pos

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s