Aplikasi Membuat SKL

SKL Paket CMembuat Surat keterangan lulus (SKL)  bagi sebagian kita memang mengasikan dengan cara diketik satu persatu di program pengolah kata seperti microsoft word atau sejenisnya. Masalahnya jika peserta didiknya banyak sekali, tentu merepotkan harus copy paste dan mengganti satu persatu. Nah postingan ini unntuk mengatasi bagaimana mengerjakan SKL dalam waktu kurang dari lima menit tapi mampu menangani peserta didik ratusan. Syaratnya, memiliki data kelulusan Ujian Pendidikan Kesetaraan dan Ujian nasional yang nilainya sudah diinput  dalam tabel.

Surat Keterangan Lulus dibuat oleh Lembaga Penyelenggara Asal peserta didik, bukan lembaga yang menyelenggarakan Ujian Nasional, hal ini sesuai penjelasan dari blog Fauziep.com yang menjelaskan bahwa Surat keterangan lulus hanya bisa diterbitkan oleh satuan pendidikan asal bukan dibuat leh satuan pendidikan yang telah diakreditasi di mana mereka ditetapkan oleh POS UN sebagai penyelenggara ujian nasional tahun ini.

Ketetentuan mengenai siapa yang menetapkan kelulusan adalah satuan pendidikan yang bersangkutan sesuai dengan pasal 18 ayat 2 Download Permendikbud Nomor 3 Tahun 2017. Nah, berdasarkan itu maka ijazah pun ditandatangani oleh satuan pendidikan yang bersangkutan, demikian pula halnya dengan surat keterangan lulus.

Kembali ke pembuatan aplikasi Dengan pengolah worksheet seperti Excel atau sejenisnya. Penulis meggunakan program mirip excel yaitu WPS karena program ini selain gratis, tampilan dan cara mengoperasikanya persis sama dengan excel begitu juga pengolah katanya. Dengan demikian adanya ancaman virus wanacry  baru-baru ini tidak masalah di program ini.

Cara mengoperasikan aplikasi SKL otomatis.

  1. Download aplikasinya di halaman download.
  2. Buka filenya
  3. Ganti data yang ada dengan copy paste, (data primer berasal dari rekap nilai UPK dan UN yang sudah ditandatangani oleh PKBM terakreditasi).
  4. Sisipkan kolom nomor surat
  5. Selesai.

Cara Print:

  1. klik tab SKL IPS atau SKL IPA
  2. ganti panah lalu tekan print (Ctrl_P)
  3. Print seperti biasanya.
  4. Print di kop surat masing-masing lembaga

Aplikasi SKL otomatis ini menggunakan rumus-rumus yang tidak diproteksi, karena itu apabila ada salah merubah, tinggal download lagi saja atau ambil file yang yang sudah di backup.

Aplikasi ini hanya sekedar membantu memudahkan pembuatan SKL dengan cepat, Anda bebas merubah dan menyesuaikan dengan keinginan. Diantaranya, seperti contoh dari halaman blog pak Fauzi, nilai yang diberkan hanyalah nilai UN/UNBK saja. Sedangkan di aplikasi ini ada dua nilai UPK dan UN, karenanya boleh diubah sesuai keinginan.

Silakan dowonload aplikasinya

Lihat Videonya.

 

 

Bila ada kesalahan rumus mohon terus diperiksa, dan silakan diperpbaiki, seperti salah jumlah dan lain-lain.

 

Iklan

One thought on “Aplikasi Membuat SKL

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s