e-Raport Paket A dan B

raport paket A

Raport paket A

Alhamdulillah akhirnya raport Paket A, Paket B dan Raport versi baru Paket C telah rampung dibuat. Sebelumnya sudah dibuat raport digital Paket C dipakai oleh teman-teman penyelenggara Paket C seluruh Indonesia atas inisiatif dari Direktorat Pembinaan SMA yang waktu itu Paket C masuk dalam binaanya. Yang jelas e-raport ini dibuat agar tidak repot, simple dan mudah dipakai.

Karena kendala di sana-sini, kami belum bisa menyelesaikan aplikasi raport Paket A dan Paket B. Namun akhirnya baru tahun baru inilah raport ini sudah bisa diunduh dan diupload untuk siap dibagikan kepada teman-teman.

e-Raport digital ini diinisiasi oleh Pak Fauzi sebagai ketua Himpunan Penggiat Teknologi Informasi Pendidikan Nonformal (HPTIKPNF) lalu saya selaku anggota Litbang HPTIK PNF mempelajarinya dan langsung dibuatkan aplikasinya dengan menggunakan program spreadsheet excel, dan mungkin bisa diapakai oleh program sejenis seperti WPS dan lainnya.

Raport Paket A ini hanyalah alat bantu menghitung nilai, dibuat dengan basis komputer untuk memudahkan penghitungan data nilai yang berasal dari nilai tutorial, nilai tatap muka dan nilai mandiri, kemudian dipadukan dengan nilai UTS dan nilai semester. Dari rangkaian perjalanan peserta didik mengikuti pembelajaran inilah kemudian bisa diambil nilainya dan dihitung dengan raport digital E-Paket A ini. Maka dengan hanya menginput data nilainya saja, para tutor langsung mengetahui nilai akhir untuk raportnya masing-masing peserta didik.

Ada perbedaan antara raport pendidikan formal dengan nonformal. Perbedaan itu misalnya, di rarport Paket A B dan C harus ada yang disebut Satuan Kredit Kompetensi (SKK) selain Kriteria Ketuntasan Miminal (KKM). Di samping itu, ada sistem pembelajaran tatap muka, tutorial dan mandiri. Bagaimana semua itu bisa diinput ke dalam raport, dan seperti apa ujudnya. Alhamdulillah berkat komunikasi dengan para pakar bidang pendidikan nonformal wabil khusus dengan bapak Fauzi Eko Pranyono, raport ini akhirnya rampung dan bisa dinikmati semua dengan dibuat semudah-mudahnya.

Raport ini sengaja tidak dikunci semua kode bisa diubah, diedit dan disesuaikan dengan lembaga masing-masing, agar bisa dengan mudah menyesuaikannya. Raport ini karenanya, menjadi milik bersama untuk kemudian bisa bersama-sama membangun yang lebih baik lagi jika ada masalah teknis seperti kodenya yang tidak bekerja.

Menggunakan e-raport jelas tidak memberatkan beban tutor atau wali kelas, justru dengan e-raport ini bemuse perhitungan tentang nilai dapat terbantu dengan mudah dan cepat. Bukankah hal ini dibutuhkan di masa sekarang yang ingin serba praktis dan cepat tuntas.

Persamaanya dengan raport formal, tetap sama misalnya raport ini ada rankingnya. Dengan fasilitas ini, kita dapat memahami dan mengetahui siapa di antara peserta didik yang menempati urutan prestasinya.

Selain nilai kognitif di masukan, ada juga nilai-nilai afektifnya yang disiapkan dalam skala qualitatif A, B dan C. Juga ada fasilitas kehadiran tatap muka dan tutorial yang bisa dibunyikan di dalam raport ini. Intinya, menurut hemat kami, sudah cukup mewakili sebuah laporan pendidikan nonformal yang cukup unik.

Hadirnya raport ini menurut kami sangat penting terutam bagi para pelaku pendidikan non-formal, apalagi yang telah mendapat akreditasi tentu standar penilaian membutuhkan kontinuitas dan komprehensif. Semoga saja, kehdiran Raport Paket ini dapat menjawab pertanyaan jarangnya tersedia di kantor-kantor dinas atau di kementrian. Mungkin karena raport ini sifatnya urusan penyelenggara, sehingga kurang mendapat perhatian serius dari para pembina pendidikan.

Akhirnya semoga karya kami ini dapat berguna dan bermanfaat bagi kemajuan pendidikan nonformal pada umumnya, dan PKBM Edukasi Jakarta pada khususnya agar peningkatan layanan pendidikan kepada masyarakatnya semakin kredibel, akuntabel dan maksimal.

Khusus untuk PKBM Edukasi Jakarta, raport ini untuk dibagikan pada semester ganjil tahun pelajaran 2016/2017.

Silakan download:

Salam PNFI!

M. Kurtubi
Anggota HPTIK PNF dan Ketua PKBM Edukasi Jakarta

Iklan

9 thoughts on “e-Raport Paket A dan B

  1. kog gabisa didownload yaa?
    mohon pencerahannya. terima kasih
    Jawab:
    Sekarang sudah diperbaiki link downloadnya. Silakan download ulang.

    Suka

  2. Mas raport paket b nya tidak bisa di download… Mohon perbaiki mas karna sya sangat memerlukan aplikasi tersebut. Atau boleh kirim email mas abulsrasni@gmail.com. nanti tak kirimi transfer.mks sbelumnya
    Jawab:
    Sekarang sudah diperbaiki link downloadnya. Silakan download ulang.

    Suka

  3. pak fauzi maaf paket a nya ko tidak bisa dibuka pada saat input nilai malah ngelink ke web

    ===
    Dear PKBM Penerus Bangsa
    Mohon diatasi sendiri dengan cara tidak menggunakan link isi data via home
    tapi langsung saja menuju ke halaman isi data.
    atau silakan linknya diperbaiki
    karena excel tidak diprotect

    Salam Edukasi
    M. Kurtubi

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s