Blanko Ijazah Paket B Siap Ditulis

Pelaksanaan Ujian Pendidikan Kesetaraan yang diselenggarakan pada bulan Mei 2016 yaitu Paket B setara SMP ijazahnya kini sudah jadi dan siap ditulis. Adapun Sertifikat Hasil Ujian Nasinal (SHUN) beserta nilainya pun sudah siap diedarkan, tinggal menunggu tanda tangan dari Kepala Suku Dinas Jakarta Selatan 1.

Untuk bisa mendpatkan tanda tangan dari Sudin, maka diharuskan di setiap lembar ijazah telah ditulis nilai dan juga foto beserta cap tiga jari. Tanpa kelengkapan seperti itu, tidak akan mendapakan tanda tangan.

Lebih Cepat

Keluarnya Ijazah dan SHUN Paket C dan Paket B tahun ini sangat cepat bahakn boleh diatakan paling cepat dalam sejarah Pendidikan Non Formal di DKI Jakarta.  “Biasanya ijazah itu paling cepat enam bulan sampai satu tahun baru bisa diterima peserta didik”, ujar Ibu Siti, pengurus PKBM Edukasi Jakarta, saat ditanyakan oleh tamu.

Ijazah dan SHUN untuk Paket C telah keluar sebulan lalu dan kini tengah ditanda tangani oleh Kepala Sudin, sehingga dalam waktu kurang lebih satu minggu ke depan, ijazah peserta didik Paket C akan segera diterima oleh semua peserta didik.

Adapun untuk ijazah Paket B setara SMP baru hari ini diedarkan kepada masing-masing satuan pendidikan non formal. Ijazah ini siap ditulis oleh masing-masing penulis ijazah yang telah direkomendasikan oleh para pengawas (penilik). Adapun waktu penulisan bisa jadi memakan waktu 2 minggu – 1 bulan tergantung kecepatan tukang tulisnya. Demikian pula untuk ijazah Paket A (setara SD) belum dibagikan karena masih dalam proses cetak. Diperkirakan dalam waktu 2-4  minggu sudah dibagikan.

Lama waktu penulisan Ijazah tergantung penullisnya, ada yang lambat ada yang cepat, sehingga waktu pembagian ijazah antara satu lembaga dengan lembaga lain tidak berbarengan, hal ini mesti dipahami oleh para calon penerima.

Ada yang unik dari legalitas ijazah Program Paket  ini, yaitu tandatangan ijazah di teken oleh kepala  Suku Dinas, bukan oleh kepala sekolahnya. Hal ini tentu berbeda dengan lulusan Aliah, SMK dan SMA mereka menedapatkan legalitas ijazah dengan tanda tangan kepala sekolah.

Menerima Peserta didik

PKBM Edukasi Jakarta masih menerima siswa/i untuk program Paket A, Paket B dan Paket C dengan ketentuan sebagai berikut:
1. Menyerahkan pas foto 3 x 4 dan 2 x 3 masing-masing  sebanyak 5 lembar
2. Kartuu Keluarga (KK)
3. Raport terakhir yang dimiliki
4. Akte Kelahiran
5. mengisi formulir
6. melaksanakan pembelajaran, tatap muka, tutorial dan mandiri.

Lokasi PKBM Edukasi Jakarta

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s