Verfikasi Ijazah Aseli

Jpeg

Jpeg

Ijazah asli peserta didik kini menjadi prasyarat utama peserta didik kesetaraan agar dapat mengikuti UN.

Hari ini Edukasi Jakarta kedatangan dua orang penilik PAUDNI yang rutin dilakukan sebagai bagian dari pekerjaan pembinaan mereka.

Kali ini dua penilik memberikan surat edaran pendataan peserta didik, dan dilakukan pelaporannya setiap bulan.

Selain itu mereka ingin memverifikasi ijazah aseli. Hal ini merupakan salah satu gebrakan layanan pendidikan kesetaraan yang patut diapresiasi dari Sudin Jakarta Selatan, yaitu lembaga wajib menunjukkan ijazah aseli peserta didik program paket yang akan atau setelah UN untuk diverifikasi.

“Ijazah ini penting sekali ditunjukkan untuk menyelamatkan bapak dan Ibu semua, agar di kemudian hari tidak bermasalah, jadi mohon ditanggapi dengan positif.” Kata Ibu Ernita , Kasi PNFI Wil 1 Sudin Jakarta Selatan dalam broadcastnya di grup WA khusus ketua PKBM Jakarta Selatan.

Sehari sebelumnya penilik (pengawas) PAUDNI, bapak Yusuf Mousa memberikan surat edaran kepada kami untuk tujuan verifikasi ijazah aseli. Surat ini ditandatangani Kepala Sudin Wilayah 1 Jakarta Selatan Drs. H. Nasruddin, M.Pd. dan tembusannya adalah Walikota dan  Dinas Pendidikan Prov. DKI Jakarta.

Rawan Ijazah Palsu

Langkah Sudin ini bukan tanpa sebab. Dalam sebuah temuan, salah satu pegawai Sudin Jaksel mengendus adanya ijazah palsu yang digunakan untuk pendaftaran peserta didik pada Ujian Nasional. Ijazah ini belum jelas maksud palsunya. Apakah tahun kelulusan yang dimanipulasi atau belum genap 3 tahun dari tingkatan pendidikan sebelumnya.

Namun dalam beberapa obrolan dengan pihak pengelola yang lain, pengelabuhan ijazah yang difotokopi dan dijadikan syarat ikut program Paket seringkali ada yang tidak dilegalisir, selain itu kemungkinan direkayasa sangat terbuka.

Indikasi lain dapat kami temui misalnya dari obrolan salah satu pendaftar yang menginginkan ujian tahun ini padahal yang bersangkutan masih kelas X di SMA dan baru masuk kelas XII.

Apa yang diinginkannya tentu kami tolak karena ijazahnya masih harus di Kelas XI. Begitu kami tolak, dia menceritakan dengan gamblangnya bahwa kakaknya berhasil lolos UN meskipun baru di kelas X SMA  lalu keluar dan diterima  di Paket C dan kini sudah kuliah mendahului kawan sekelasnya.

Temuan kedua dari kami, salah satu peserta didik kami lulus Paket B dan harus menempuh 3 tahun lagi agar bisa selesai paket C. Ijazah belum diambil, ternyata diketahui ia mendaftar di lembaga lain dan rupanya lolos sehingga tahun ini bisa ikut UN Paket C.

Pertanyaan saya dari dua kasus di atas kenapa pihak Sudin meloloskan, atau apakah ijazah dipalsukan oleh pendaftar sendiri atau oleh pihak orang dalam di lembaga? Sayangnya program verifikasi ijazah aseli ini hanya di Jakarta Selatan I saja. Namun demikian, langkah dinas pendididikan ini cukup bagus dan perlu didukung oleh semua pihak.

One thought on “Verfikasi Ijazah Aseli

  1. Utk wilayah jkrta utara ad gak??

    —>
    Dear Retno
    banyak sekali di Jakarta Utara
    untuk lebih valid
    silakan datangi kantor Walikota Jakarta Utara
    tanyakan dinas pendidikan

    salam Edukasi

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s