Aplikasi Nilai Pendidikan Kesetaraan (ANIPEKA)

anipeka-cSetelah sukses menerbitkan aplikasi raport pendidikan kesetaraan, ketua PKBM Edukasi meluncurkan kembali aplikasi yang bermanfaat bagi dunia pendidikan kesetaraan, yaitu Aplikasi Nilai Pendidikan Kesetaraan (ANIPEKA) Aplikasi Nilai Pendidikan Kesetaraan ini merupakan apliasi yang sangat bermanfaat bagi lembaga penyelenggara program Kesetaraan khususnya di wilayah DKI Jakarta, sebab dengan aplikasi ini, bukan mengadminisrasikan nilai semester saja  lebih lanjut dapat menata penilaian ujian pendidikan kesetaraan (UPK). Pengguna hanya memasukan nilai angka saja, selanjutnya, aplikasi yang dibuat mudah di excel ini akan menghitung sendiri berapa nilai rata-rata dan berapa nilai akhir. Selain itu penghitungan berikutnya adalah apakah peserta didik dinyatakan nilainya mendekati kelulusan atau jauh dari lulus, semua itu dapat dengan mudah ditemukan dalam aplikasi ini. Kendala selama ini yang ada di pendidikan kesetaraan adalah masalah administrasi penilaian, maka diharapkan dengan upaya ini, dapat menjawab persoalan yang berlarut-larut di pendidikan kesetaraan. Apliasi ini dapat dipakai oleh siapa saja, bahkan bagi yang baru mengenal komputer sekalipun. Aplikasi yang telah pernah diposting di grup HPTIK-PNF ini berguna untuk mengadministrasikan nilai-nilai pendidikan kesetaraan seperti Paket A, Paket B dan Paket C. Aplikasi ini khusus untuk  program Paket C. Adapun untuk Aplikasi nilai Paket B dan Paket A tengah diupayakan untuk segera dilaunching.

Petunjuk Penggunaan:

Aplikasi ini dipersiapkan sebagai format pendukung / bantuan yang dipergunakan untuk menginput / memasukkan Nilai Raport semester 3 s.d. 5 serta  Nilai Ujian Pendidikan Kesetaraan semua bidang studi pada Paket C yang mana sesuai dengan POS, kedua nilai tersebut (0,7 Nilai DK +0,3 Nilai Ujian PK) menjadi Nilai Pendidikan Kesetaraan.  Dengan program pada outputnya dapat dihasilkan Nilai Pendidikan Kesetaraan (pada sheet Print-Nilai Sekolah) Selain hal tersebut dengan Entry-Nilai dapat pula dihasilkan format DKN-LULUSAN (pada sheet PRINT DKN-LULUS-New) , format SKHUN / bahan acuan untuk penulisan Ijasah Paket C IPA/IPS/BHS kurikulum KTSP; Format Statistik (merupakan “special menu” dari kami) berisi 10 siswa dengan nilai terbaik per mapel dan perprogram, serta nilai ujian nasional per siswa dalam menu pengumuman berikut lebel amplop. (untuk diberikan pada Orang Tua Siswa) Karena berdasarkan POS tahun 2015, bahwa kelulusan Program Paket B dan C ditentukan oleh Kabupaten/Kota, maka program ini menjadi penting bagi pengelola.

SEMUA PENGISIAN NILAI HANYA PADA SHEET “ENTRY-NILAI”

B. Sumber Data 

Sumber data peserta didik berasal dari DNT, dan juga dari pengumuman hasil UN, namun untuk tahun 2015 ini kelulusan ditentukan oleh Kabupaten/Kota. Meski demikian, aplikasi ini tetap memberikan kolom lulus/tidak sekedar gambaran saja, sementara kelulusan ditetapkan Kab/Kota. Langkah – Langkah yang kami lakukan adalah :

  1. Buka Aplikasi Draf Nilai Ijazah Paket C ini, jangan lupa enable macro security
  2. Pilih menu “Data Lembaga”, masukan data lembaga di nomor urut pertama, abaikan nama lembaga di bawahnya (dihapus juga boleh).
  3. Klik menu “Entri Nilai” , isikan nilai raport semester 3 sampai 5 serta nilai Ujian Pendidikan Kesetaraan (UPK), nilai akhir setelah menyelesaikan semester 6.
  4. Entrykan Nilai Raport semester 3 s.d. 5 (R3-R5) serta Nilai Ujian Pendidikan Kesetaraan (NUPK) baik tulis maupun praktek agar didapat Nilai Pend. Kesetaraan (NPK). Setelah NPK terisi diharapkan bisa membantu lembaga untuk mengutak-atik / memprediksi berapa Nilai Ujian Nasional yang wajib didapatkan oleh siswa agar dapat lulus sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
  5. Cek kebenaran data nilai , sampai sesuai dengan data yang ada.
  6. Untuk mulok ( Bhs Asing harap copy paste manual )

Perhatian (Penting)

Untuk Nilai UN harus diisi manual * Nilai Ujian Nasional sengaja kami isi dengan nilai 4 untuk prediksi saja, isikan sesuai dengan aslinya.

* Nilai Ujian Nasional untuk tahun ini, sesuai dengan POS UN 2015 tidak menjadi patokan kelulusan, namun demikian, tetap harus dimasukan karena akan menjadi patokan penulisan ijazah.

OUTPUT DARI APLIKASI

1. DKN PENGESAHAN LULUSAN NEW
Setelah mengisi Nilai Raport (NR) maupun Nilai Ujian Pendidikan Kesetaraan (NUPK) dengan lengkap, Maka akan diperoleh Nilai Pendidikan Kesetaraan (NPK).
Apabila NPK dan NUN semua telah terisi maka Nilai Akhir (NA) juga akan terisi pula yang semuanya terangkum pada sheet “PRINT-DKN-LULUS-NEW”
Format disesuaikan dengan contoh blanko Ijasah Paket C/SMATahun 2013 Kurikulum KTSP untuk semua program.

2. PRINT DATA UNTUK KONSEP PENULISAN IJASAH
Setelah semua nilai terisi dengan sempurna baik Nilai Rata-Rata Raport (NR) , Nilai Ujian Pendidikan Kesetaraan (NUPK) , Nilai Pendidikan Kesetaraan (NPK) ,
Nilai Ujian Nasional (NUN) serta Nilai Akhir (NA) , dapat dicetak draft SKHUN maupun konsep penulisan ijasah dengan langkah-langkah sebagai berikut :

Memilih Data Yang Akan Dicetak
Klik comand button kiri/kanan pilih ses

  • uai nomor urut DKN yang akan dicetak
    disarankan untuk pertama kali mencetak set dulu print dan margin halaman dengan memilih print di layar/print preview (hanya dilakukan sekali saja)
    defaultkan printer yang digunakan start –> printer and fax —> pilih printer aktif —> klik kanan —> set default printer
    Mencetak Data
    Setelah selesai setting margin dan output printernya baru centang option print printer lalu klik tombol print
    Memilih Data Yang Akan Dicetak berikutnya
    klik spinbutton kiri/kanan untuk memilih nomor urut DKN yang akan dicetak kemudian baru klik tombol print ( harap memilih output printer )

4. PRINT DATA UNTUK KONSEP PENULISAN IJASAH
Setelah semua nilai terisi dengan sempurna baik Nilai Rata-Rata Raport (NR) , Nilai Ujian Pendidikan Kesetaraan (NUPK) , Nilai Pendidikan Kesetaraan (NPK),
serta Nilai Ujian Nasional (NUN) serta Nilai Akhir (NA)
Lakukan langkah-langkah sebagaimana mencetak seperti biasa.
Memilih Data Yang Akan Dicetak
1. pilih data yang akan dicetak
2. cetak

5. STATISTIK (10 SISWA TERBAIK)
“SPECIAL MENU” dari data yang telah ada kami rangkum sepuluh siswa terbaik per mata pelajaran Unas pada masing-masing program
semoga dapat membantu lembaga (Penjab, Tutor, Tenaga Kependidikan serta pihak-pihak yang relevan) dalam menganalisis hasil Ujian Nasional peserta didiknya..

Memilih Data Yang Akan Dicetak
Pilih salah satu Program/Jurusan : IPA, IPS atau Bahasa yang telah tersedia. Secara otomatis akan ditampilkan 10 siswa terbaik per mata pelajaran

Mencetak Data
Pada menu Page Layout –> Blok data yang dikehendaki untuk dicetak –> pilih set print area –> silahkan cetak.
Memilih Data Yang Akan Dicetak berikutnya
Lakukan seperti langkah diatas.

6. PENGUMUMAN
Setiap lembaga dalam mengumumkan kelulusan peserta didik mempunyai cara serta tradisi yang berbeda-beda , bagi lembaga yang biasanya memberikan
pengumuman dengan mengundang orang tua/walimurid ke lembaga maupun dikirim via pos, berikut kami siapkan nilai ujian nasional dari masing-masing siswa
untuk dimasukkan dalam amplop tertutup yang nantinya diberikan kepada orang tua/wali.

Mencetak Data
Setting layout orientation kertas landscape, dengan cara mencetak sama dengan mencetak ijasah/SKHUN.(1 lembar berisi 6 siswa)

7. AMPLOP
Berkaitan dengan pengumuman diatas, kami siapkan pula label untuk ditempelkan pada amplop pengumuman.

Mencetak Data
Setting layout orientation kertas potrait, sedangkan cara mencetak sama dengan mencetak ijasah/SKHUN.(1 lembar berisi 33 siswa)

DEMIKIAN , SEMOGA BERMANFAAT.

Jika masih ada kendala penulisan dan butuh bantuan, maka silakan hubungi kami HPTIK PNF (Himpunan Penggiat Teknologi Informasi dan Teknologi
Pendidikan Non Formal.
Fauzi Kromosudiro : 0821 3460 8522 (Ketua HPTIKPNF Pusat)
M. Kurtubi 0812 84122450 (087889038559) (litbang HPTIK-PNF)

SILAHKAN DOWNLOAD DI SINI..

 

ANIPEKA Paket B untuk XL 2010  dan XL-2007

2 thoughts on “Aplikasi Nilai Pendidikan Kesetaraan (ANIPEKA)

  1. Ping-balik: Edukasi Jakarta Ikuti Lomba HAI 2015 | PEDUKASI JAKARTA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s