Penerapan E-Learning untuk PLS

Kali ini PKBM Edukasi ingin menulis tentang istilah pembelajaran online yang berkembang selama ini dan bagaimana penerapanya untuk mendukung pendidikan luar sekolah (PLS),.

Pendidikan luar sekolah (PLS)  tidak lain yang dimaksud adalah  pendidikan luar sekolah atau pembelajaran non formal dan informal yang mengambil jalur bukan jalur  sekolah, seperti kursus, kejar paket A, Paket B atau Paket C.  Meskipun di luar jalur sekolah, tetapi diatur oleh satu departemen yaitu Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud RI). Makanya ijazahnya disetarakan dengan pendidikan jalur sekolah.

Sebagaimana diketahui oleh publik, bahwa PKBM sebagai pusat kegiatan belajar masyarakat memiliki program pendidikan yang sangat bermanfaat untuk melayani masyarakat yang belum tuntas belajarnya. Baik yang tingkat SD, SMP maupun belum tuntas SMA. Dengan mengikuti program Paket A, B dan C mereka bisa mendapatkan hak eligibilitas lulusannya yang setara dengan sekolah formal.

Nah untuk mendukung pembelajaran di sekolah non formal seperti program paket yang diadakan di PKBM, Home Schooling, kelompok belajar atau di manapun, maka alternatif cara belajarnya paling cocok menggunakan gabungan pembelajarn biasa (klasikal) ditambah dengan pembelajaran yang menggunakan teknologi informatika.

Pembelajaran dengan TIK ini sangat mendukung untuk belajar mandiri sebab di kelas-kelas program paket sangat terbatas waktunya, sementara di kelas pendidikan formal sangat luas cakupan waktunya. Karenanya, agar warga belajar bisa menyaingin murid-murid sekolah formal, maka jangan ragu untuk memanfaatkan semaksimal mungkin sumber belajar yang telah disediakan sangat melimpah di jagat internet ini.

Kepada para tutor kesetaraan juga mestinya memanfaatkan ini dan tidak ketinggalan informasi dengan warga belajar. Sebab dengan dukungan teknologi, warga belajar bisa bebas belajar di mana saja, kapan saja dan matari apapun.

Jenis pembelajaran yang mendukung program kesetaraan :

i-learning  singkatan dari internet learning (pembelajaran berbasis  internet);

e-learning, singakatan dari electronic learning (pembelajaran via alat-alat elektronik) seperti CD tutorial, Radio, TV, Podcast dan lain-lain.

d-learning singkatan dari distance learning (pembalajaran jarak jauh). Antara guru dan murid tidak dibatasi oleh sekat-sekat ruang. Mereka bisa bertemu di dunia maya atau di internet, Radio, Televisi secara real time.

m-learning singkatan dari mobile learning (pembelajaran melalui handphone). Revolusi pembelajaran via handphone ini sangat menguntungkan sebab banyak sekali peserta didik sekarang tidak jauh dari handphone.

Penerapannya

Untuk mendukung program itu, maka yang diperlukan hanya dua hal:

pertama, pasang internet dan jaringan hotspot atau kabel internet

kedua, latihlah para tenaga pendidik dan kependidikan untuk memanfaatkan itu semua;

ketiga, kenalkan program-program gratis dari diknas, dan masyarakat umum yang ada tersedia di internet, atau membuat karya sendiri.

Kontent atau Sumber belajar bisa didapatkan dari berbagai sumber misalnya:

  1. Blog
  2. Ensiklopedia
  3. Wikipedia
  4. e-dukasi.net
  5. rumah belajar
  6. m-edukasi.net
  7. dan lain-lain.

Sumber belajar dan sarana itu semua kini telah berlimpah ruah banyaknya. Tinggal bagaimana kebijakan dan desain pembelajaran di tiap-tiap satuan belajar peserta didik.

Tidaklah sulit untuk memanfaatkan semua itu, karena semua orang kini telah mahir dan familiar dengan penggunaan teknologi nformasi dari mulai penggunaan handphone, internet dan koneksi berbagai perangkat nirkabel lainnya.

Semua itu kembali kepada tutor/guru masing-masing. Meskipun guru bukan segala-galanya dalam kesuksesan belajar, namun semua itu bermula dari guru.

 

M. Kurtubi –  Ketua PKBM Edukasi , Jakarta

 

11 thoughts on “Penerapan E-Learning untuk PLS

    • @Bapak Bagus Yudhi
      Maksudnya mengembangkan itu memberdayakan PKBM agar lebih meningkat, atau membangun kemitraan?
      untuk alasan satu dan dua, bapak bisa menghubungi UPTD-SKB Malang Saya pernah bertemu dengan 3 orang tutor dan pimpinannya saat ikut Bimbingan teknis dari Direktorat Pembinaan SMA di Bandung dan Bogor beberapa minggu yang lalu.

      Suka

      • betul pak…di tempat kami banyak siswa putus sekolah

        ________________________________ Dari: PEDUKASI JAKARTA Kepada: bagusyudhi76@yahoo.co.id Dikirim: Selasa, 25 Juni 2013 20:03 Judul: [New comment] Penerapan E-Learning untuk PLS

        WordPress.com Pedukasi Jakarta commented: “@Bapak Bagus Yudhi Maksudnya mengembangkan itu memberdayakan PKBM agar lebih meningkat, atau membangun kemitraan? untuk alasan satu dan dua, bapak bisa menghubungi UPTD-SKB Malang Saya pernah bertemu dengan 3 orang tutor dan pimpinannya saat ikut Bimbing”

        Suka

      • Jika alasan banyak yg putus sekolah di sekitar tempat bapak, maka sangat strategis peran PKBMnya pak.
        untuk teknis dan juknisnya bapak bisa konsultasikan kepada UPTD-SKB Malang. Di sana pasti siap membantu bapak.

        Suka

      • udah coba telpon ngak ada yang angkat itu masuk gang ya pak ketemu dengan bapak/ibu siapa ya tks

        ________________________________ Dari: PEDUKASI JAKARTA Kepada: bagusyudhi76@yahoo.co.id Dikirim: Kamis, 27 Juni 2013 23:00 Judul: [New comment] Penerapan E-Learning untuk PLS

        WordPress.com Pedukasi Jakarta commented: “Nomor telepon SKB Malang Tel: +62.341.405049 Fax: 0341 347926 Website: http://uptdskbkabupatenmalang.blogspot.com/ Alamat SKB Malang: Jl Laksda Adi Sucipto Gg Kalisari 30, Blimbing, Blimbing Propinsi/Kota: Malang Kode pos: 65125 “

        Suka

      • Bapak bisa bertemu dg Pimpinan SKB Kota Malang, Bapak Bambang Hari Susanto atau staf lainnya.
        Atau dengan staff lainya. Atau hubungi dinas pendidikan Kecamatan terdekat di mana Bapak tinggal.

        Suka

    • E-Learning hanyalah sarana belajar tools untuk memperdalam kompetensi masing2 pelajar agar lebih cocok dg kondisi dan sikon siswa. Electronic learning itu bukan internet saja, bisa dengan tutorial CD, MP3, Video dan lain-lain.

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s