Banyak Lulusn SMA akan Menganggur

Membaca judul di atas, tidak heran dan tidak aneh kalau lulusan SMA itu masih jauh dari kebutuhan diserap tenaga kerja formal apalagi di tingkat kantoran. karenanya, seperti ditulis Kompas, Dinas Pendidikan Prov Banten memperkirakan lebih dari separuh dari 108.000 siswa sekolah menengah atas sederajat, yang dalam waktu dekat diumumkan kelulusannya, akan menganggur.

 

Masalahnya, daya serap dari pada kantoran atau tempat di mana mereka bisa bekerja tidak mampu menampung semuanya.

Menurut pejabat Dinas Pend prov Banten, Hudaya, menduga bahwa anak SMA yang tidak mampu melanjutkan kuliah dan tidak terserap dunia kerja atau berwirausaha itu berjumlah 50-60 persen dari 108 ribu siswa yang bakal diumumkan dalam hasil UN.

Ketidakmampuan anak SMA untuk berwirausaha dan kemampuan yang tidak kompeten untuk siap bekerja dan tidak pula dalam berwirausaha, merupakan sebuah permasalahan yang perlu diselesaikan.

Karenanya, ada rencana bagi pembda Banten bahwa semenjak SD, anak-anak akan dikenalkan tentang kewirausahaan.

Tiga persoalan bagi lulusan anak sekolah menengah adalah, sulit mencari kerja, tidak mampu wirausaha dan tidak mampu melanjutkan kuliah.

Beruntung bagi anak sekolah lulusan SMA dan SMK yang menghadapi tiga persoalan itu, akan dicarikan solusinya bagi pejabat pendidikan, yaitu kerjasama dengan HONDA MOTOR. Mereka akan ditraining kemampuan mereparasi di bengkel-bengkel Honda. Pendidikan magang ini tentunya cukup bagus untuk mengatasi kompetensi yang rendah dalam bekerja.

Menurut rencana ada 1500 siswa SMA/SMK yang akan direkrut untuk diikutikan dalam kerja magang dan pendidikan di Honda, yang akan dimulai pada bulan Agustus selama tiga bulan.

Potret wilayah Banten cukup bagus untuk masalah penurunan jumlah penganggur. Gambaran tadi adalah fokus pemda terhadap masalah pengangguran dan sosulinya sangat tepat sasaran guna mengurangi pengangguran.

Dari data BPS, terlihat bahwa prov Banten, jumlah pekerja di sana selama 2012 ada 579.677 orang. Dan jumlah penganggurnya   turun dibandingkan Februari 2011,  yaitu 697.083 orang.

Dari gambaran tersebut daerah lain perlu membantu dalam menangani pengangguran agar, masalah sosial di lingkungan kita tidak semakin buruk. (MK)

 

 

Ssumber: http://edukasi.kompas.com/read/2012/05/25/06572469/Banyak.Lulusan.SMA.Akan.Menganggur

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s