Warga Belajar Harus Terbiasa dengan Linux

Tingginya angka pembajakan software berlisensi itu sangat tinggi, sementara edukasi dan kesadaran penggunaan software  yang berlisensi terus  menurun dengan banyaknya pembajakan-pembajakan hak cipta. Upaya untuk memberi kampanye kesadaran itu saatnya Warga Belajar di lembaga pendidikan formal dan non formal seperti PKBM saatnya beralih ke program open source.

Kenapa harus pindah ke Open Source Linux?

Pertama, harga software mahal kita bisa berhemat jika dengan Linux yang berlisensi itu sangat mahal, loh. Contoh harga Microsoft Office untuk kelas pelajar harganyanya dipatok sebesar $119.99 (sekitar Rp. 1106726) dan produk Office professionalnya berharga dari $349.99 (sekitar Rp. 3.228.126);  Sedangkan harga sistem operasi windows Ultimate 7 Rp. 2.029.074.  Harga tersebut untuk satu kali install di satu PC. Bandingkan jika harga Open Source Linux itu betul-betul gratis, bebas mendownload dan bebas merubah code sourcenya. Tapi jika malas mendownload, ada toko open source online yang menjual sistem operasi sekelas windows seharga Rp. 10 ribu saja untuk sekedar mengganti ongkos membeli CD. Bahkan di toko yang ini, harga Ubuntu, dipatok hanya Rp. 5000 saja. Murah sekali, bukan?

 Untuk saat ini pengguna OS berbayar masih tersedia banyak sekali CD bajakan, dan pengguna merasa aman-aman saja, karena razia terhadap software berbayar tidak ketat. Kalau saja nanti ada kebijakan lebih ketat lagi, di mana pengguna pribadi harus membeli yang asli, maka mau tidak mau, pengeluaran itu akan terasa beratnya.

Kedua, penggunaan windows terbiasa dengan program di bawah windows dan tidak sedikit penguna kesulitan mengoperasikan program selain windows. Sementara pengguna Linux, akan terpacu untuk memahami bagaimana kerja sebuah program. Contohnya, jika ingin memutar MP3, kenapa tidak jalan, akhirnya cari informasi dan harus menginstall codec tertentu. Istilah codec pun akhirnya paham dan selanjutnya bisa jalan dengan usaha sendiri. Sebaliknya, pengguna Linux, sangat familiar dengan program sistem operasi  jadi menggunakan windows juga gampang. Jadi pengguna linux makin pintar.

Ketiga,  Linux lebih aman ketimbang Windows. Masa sih? betul, karena virus diciptakan untuk software berbayar, sementara Linux jarang sekali ada virus yang menyerang. Dalam linux sendiri ada program keagamaan berlapis yang dikenal dengan hak akses atau file permission. Selain aman, linux sendiri merupakan program gratis tak berbayar karenanya, buat apa orang membuat virus untuk menyerang sistem yang Free. Karenanya, para hacker justru lebih mendalami Linux ketimbang menyerangnya.

Keempat, Bila menguasai Linux, banyak pekerjaan siap didapat. Hal ini dikarenakan perusahaan-perusahaan berbondong-bondong beralih kepada sistem open source. Lihat saja Yahoo, Google, perusahaan-perusahaan server hosting internet kebanyakan beralih ke Linux. Karena dengan open source yang free tetapi aman, membutuhkan banyak operator di bidangnya. Nah, jadi tepat sekali jika para warga belajar diarahkan kepada penguasaan dan pembiasaan kepada OS open source. Selain itu, pengguna linux itu semaki hari semakin pintar dengan banyaknya masalah yang bisa dipecahan. Di forum-forum linux antara satu dan lain saling berbagi. Jadi kepandaian komunitas pengguna linux itu merata dan saling berbagi. Berbeda sekali dengan Windows, yang bukan open source.

 Kelima, Internet memudahkan pengguna Linux dengan menyediakan  program  free.  lisensi.  Pengguna linux tidak perlu hawatir akan petunjuk dan pengoperasiannya. Dengan adanya sambungan langsung ke internet, maka Anda tidak saja akan mendapatkan software update yang sewaktu-waktu bisa di download, Anda pun bisa berbagi dan mendapat informasi bila mendapatkan masalah dari pengguna lain.

Macam-macam Software OS Linux yang terkenal

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s