Trik agar Orang Mau Berubah

Persuasi diri: biarkan orang berbicara dari sudut pandang dirinya sendiri terhadap  apa yang menjadi  sudut pandang Anda.

Mengubah pikiran orang itu tidak mudah.

Kebanyakan orang menolak dan tidak mau pikirannya disesuaikan oleh orang lain, terutama bila pesan itu tidak secara langsung dan tdak relevan.  Tapi bagaimana jika Anda bisa membuat orang untuk mengubah pikiran mereka sendiri?

Orang akan lebih memilih mendengarkan diri mereka sendiri dan secara otomatis akan menghasilkan argumen yang memiliki relevansi pribadi untuk mereka.

Ini tidak segila kedengarannya. Sebenarnya orang yang didorong untuk membujuk diri mereka sendiri sepanjang waktu. Berikut adalah beberapa contoh:

  1. Ketika orangtua ingin mengubah perilaku anak mereka mungkin bertanya mengapa mereka itu salah, bukan hanya mengatakan kepada mereka itu salah.
  2. Ketika kita sedang didorong untuk mengambil bagian dalam peran-bermain latihan, kita mungkin mendukung sikap dan nilai-nilai kita tidak yakini
  3. Ketika kita ingin mengubah perilaku kita, mengatakan, untuk makan agar  sehat, kita mungkin mencoba meyakinkan diri kita sendiri kita tidak suka makanan yang dilarang sebanyak yang kita lakukan.

Jadi, ada semua jenis situasi di mana kita berdebat dengan diri kita sendiri, entah itu karena kami telah memulai sendiri, atau karena kita telah secara halus didorong untuk melakukannya oleh orang lain.

Persuasi Diri

Bagaimana cara kerjanya? Apakah persuasi ini membuat perbedaan nyata?

Janis dan King (1954) menguji ini dengan memiliki beberapa peserta memberikan ceramah sementara dua lainnya mendengarkan. Kemudian mereka bergantian dan salah satu pendengar pasif memberikan ceramah kepada dua lainnya pada topik yang berbeda.

Apa yang muncul adalah bahwa rata-rata, orang-orang lebih yakin dalam pembicaraan ketika mereka memberikannya sendiri daripada ketika mereka hanya mendengar secara pasif. Hal ini menunjukkan bahwa kita benar-benar yakin, lebih kuat ketika membuat argumen diri kita sendiri, bahkan jika itu tidak sejalan dengan sudut pandang kita sendiri.

Trik yang sama bekerja dengan sikap untuk merokok. Orang lebih menunda merokok ketika mereka menyampaikan pesan anti-merokok daripada ketika mereka menerimanya secara pasif (penelitian yang diuraikan dalam Brinol dkk., 2012).

Kita melihat efek yang sama untuk kepercayaan diri. Ketika orang diberitahu untuk menampilkan diri dengan cara percaya diri kepada orang lain, mereka benar-benar merasa lebih percaya diri sendiri.

Penjelasannya tampaknya adalah bahwa kita sangat baik untuk meyakinkan diri kita sendiri karena kita tahu apa macam argumen akan mempengaruhi kita.

Jadi jika Anda ingin meyakinkan pada seseorang dengan dirinya, Anda dapat mencoba meminta mereka untuk mengesampingkan sikap mereka sendiri sejenak lalu cobalah dapatkan mereka berargumen atas mereka sendiri terhadap point yang Anda bawakan terhadap mereka, atau meminta p endapat pada keinginan anda.

Singkatnya, selama orang tersebut didorong untuk menghasilkan argumen mereka sendiri, ia memiliki kesempatan untuk mengubah pikiran mereka.

sumber: http://www.spring.org.uk/2012/05/how-to-encourage-people-to-change-their-own-minds.php

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s