Memacu Semangat Wirausaha

INOVASI

Inovasi adalah proses kreatif dalam melakukan penemuan baru yang berbeda dari yang sudah ada. Pendukung keberhasilan inovasi adalah :

  1. Inovasi harus berorientasi pasar (market oriented),artinya produk/jasa yang ditawarkan dapat dibutuhkan pasar (pembeli) sehingga mampu bersaing dalam penjualan, yang mengacu pada 5 C :
    1. Competitor (pesaing yang dihadapi)
    2. Competition (Persaingan), dalam situasi apa persaingan terjadi
    3. Change of competition (perubahan persaingan), apa penyebab perubahan tersebut
    4. Change driver (penentu arah perubahan), siapa yang menjadi penentu perubahan
    5. Customer behavior (perilaku konsumen), bagaimanakah perilaku yang bisa diamati
  2. Meningkatkan nilai tambah (value added), artinya menjadi pendongkrak pertumbunan penjualan
  3. Meningkatkan efisiensi dan efektivitas, baik dari sudut waktu maupun biaya
  4. Harus sejalan dengan misi dan visi usaha, sehingga tidak menyimpang dari pertumbuhan usaha
  5. Harus dapat ditingkatkan (continuous improvement), perubahan yang berkelanjutan.
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s