Mengenalkan M-Learning untuk Paket C

Mengenalkan  M-Learning untuk Paket C sangat penting tidak saja untuk warga belajar Paket C tetapi juga bisa untuk paket B dan Paket A.  M-Learning ( M = mobile, learning = belajar)  jadi belajar sambil bergerak? tentu maksudnya adalah bukan belajar sambi lbergerak tetapi belajar dengan menggunakan alat handphone sebagai alat untuk melihat mater pelajaran.

Pertama kali saya melihat M-Learning ini adalah situs m-edukasi.net. Saya sangat menggemari situs ini, karena bisa mendapatkan bantuan yang sangat bermanfaat dalam mengajar, terutama untuk memperjelas materi pelajaran yang bergambar. Para siswa dengan mudah memperoleh pelajaran dan memepelajarinya di rumah atau di jalan atau di mana saja. Sebab materinya tersimpan di HP masing-masing.

Nah situs e-dukasi.net kini bertambah bisa diakses lewat HP. Ini akbar yang sangat menarik. Tentu saja HP adalah teknologi yang setiap orang bahkan anak pelajar memiliki. Maka ide m-learning diterapkan di warga belajar Program Paket C atau lainya sangat tepat sasaran. Tentunya hal ini bisa memberikan cara belajar sesuai dengan gaya anak muda masa kini.

Pengalaman penulis sebagai tutor di PKBM Negeri untuk Paket B dan Paket C, dengan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) memang sudah menjadi kebiasaan saya dalam mengajar. Alasanya, mengajar dengan komputer dengan bantuan infokus, akan lebih memudahkan siswa memahami. Selain itu, problem sedikit waktu akan bisa dikurangi, karena tutor tidak perlu lagi menuliskan materi sebelum belajar.

Di dalam situs m-learning itu, banyak sekali mata pelajaran yang bisa diikuti warga belajar, sama dengan e-dukasi.net meskipun begitu, untuk situs e-dukasi.net membutuhkan komputer, sementara itu tidak semua warga paket bisa bermain atau punya komputer. Namun kalau HP hampir semua warga belajar memiliki.

Sumber belajar selain m-edukasi.net masih banyak sekali.. contohnya pada menu flash sebelah kanan blog ini dan coba di copy di posting ini.

Bagaimana menurut Anda?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s