Ujian Paket C Solusi Cepat Dapat Ijazah

Sekarang ini, bagi anda yang putus sekolah dan ingin mendapatkan legalitas ijazah setingkat sekolah formal secara  legal, maka mengikuti program kesetaraan Paket A/B/C adalaah solusi yang praktis. Paket A untuk yang belum tuntas sekolah SD, Paket B untuk yang belum tuntas di SMP dan Paket C untuk yang belum tuntas tingkat SLTA.

Ilustrasi Ujian Negara Paket C

Kenapa harus mengikuti ujian  Paket C, bukan sekolah formal.  Apakah legalitasnya dakui pemerintah. Ujian Kesetaraan Paket A/B/C  dengan sekolah formal tingkat SD/SMP/SMA  adalah sama-sama diatur dalam satu Deparetemen Pendidikan Nasional.  Lulusananya pun mendapat hak eligibilitas yang sama dan setara dengan pendidikan formal.

Demikain itu, maka ijazah kesetaraan Paket A/B/C dapat berfungsi sama apakah untuk sekolah lanjutan atau untuk syarat kenaikan golongan bagi pegawai ataupun untuk bekerja, bila diminta.

Kenapa lebih Cepat

Bila usia anda sudah over limit di atas usia anak sekolah, maka kepada warga belajar (siswa) paket kesetaraan dapat diberikan keringanan untuk mengikuti ujian dengan syarat-syarat telah menigkuti pembelajaran dan memenuhi tingkat kurikulum satuan pembelajaran.

Karenanya, untuk satu tahun bisa diikuti dalam masa yang lebih pendek, untuk tiga tahun bisa diikuti dalam masa satu jenjang 1 tahun. Namun dengan syarat meski lebih giat dan banyak mempelajari satuan-satuan pelajarn yang dibebankan kepada warga belajar.

Selanjutnya bagi yang telah memenuhi itu, bisa langsung ikut ujian kesetaraan misalnya Paket C.

Khusus bagi  yang over limit usianya, misalnya sudah berusia lebih dari 25 tahun. Maka cara cepat dapat ditempuh dengan mengikuti pembelajaran akselarasi (percepatan). Sehingga bila telah memenuhi syarat, akan langsung ikut ujian paket C pada tahun berikutnya.

Jika ada pertanyaan silahkan berikan pada kolom komentar atau langsung isi form di bawah ini.

PKBM EDUKASI
Edukatif, Kreatif dan Komunikatif
Kebayoran Lama Utara RT.005/09 Jakarta Selatan 12240
Phone:  021-91811738 atau HP 085691257642; 081284122450;

UPDATE – JULI 2013

Setelah kami mendapatkan Bimbingan Teknis Tutor Paket C se-Indonesia yag diselenggarakan oleh Direktorat Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Menengah Kemdikbud RI dan pada acara Bimtek kedua  yang diselenggarakan oleh Direktorat Pembinaan SMA Kemdikbu RI, di mana Ketua PKBM Edukasi adalah Tutor PKBM Negeri 26 sekaligus tim pengembangan kurikulum ikut dalam kedua kegiatan itu.

Maka kebijakan-kebijakan tentang memprcepat ujian Paket adalah sbb:

1. Pelaksanaan pembelajaran Paket C harus mengacu pada standar proses Permendikbud No. 3 tahun 2008  yang ditujukan untuk kompetensi lembaga penyelenggara pendidikan non formal.

2. Pelaksanaan konten belajar pada Paket C harus mengacu pada Permendikbud No.  14 Th2007 Standar Isi  di mana di situ ada 17 mata pelajaran yang harus dibaca, ditelaah, dipahami, diidentifikasi oleh pelajar kesetaraan SMA.

3. Standar Kompetensi Lulusan (SKL) bagi pelajar kesetaraan SMA mutlak harus dipenuhi. Contoh kecil, anak SMA harus mengetahui posisi dan nama-nama pulau di Indonesia. Contoh lain seperti di pelajaran Ekonomi, peserta didik harus bisa membuat laporan keuangan perusahaan jasa dan perusahaan dagang. Ini artinya, jika lulus SMA/Paket C peserta didik mengetahui dan faham betul tentang akuntansi ini. Dan berlakulah untuk semua mata pelajaran. Jika peserta didik setelah lulus tidak tahu apa-apa, ini berarti dia tidak kompeten, sebagai lulusan yang setara SMA. Kenapa lulus? mungkin karena tebakan menjawab soalnya benar sehingga lulus pada mata pelajaran tersebut, namun jangan lupa, masih banyak tingkat kompetensi yang tidak diujikan di Ujian Nasional.

3. Beban belajar pendidikan kesetaraan Paket C misalnya,  terdiri dari 122 SKK (satuan kredit kompetensi), setara dengan 122 jam pelajaran tatap muka. Namun hal ini bisa dibuat dalam tiga kegiatan belajar ala non-formal yaitu tatap muka minimal 20%, tutorial minimal 30% dan tugas mandiri maksimal 50%. Kombinasi pembelajaran dari semua itu untuk masing-masing mata pelajaran telah kami siapkan sekaligus sistem penilaian dan metode pembelajaranya.

4. Kami tidak membelajarkan hanya 7 bidang studi seperti pada Ujian Nasional, karena ini menyalahi amanat Pak Menteri Pendidikan. Kami memfasilitasi dan amembuka ruang untuk memberikan keluasan cakupan pengetahuan agar mereka mendapatkan hak kesetaraan dengan pendidikan formal, baik ijazah maupun kemampuan berkompetensi dalam bidang pengetahuannya.

5. Tentang lama waktu belajar di Paket A/B/C itu tergantung selesai tidaknya standar kompetensi diselesaikan (dibuktikan dengan evaluasi dan memenuhi KKM – kreteria ketuntasan minimal), jika cepat dan lulus dari KKM, maka akan bisa cepat ujian nasional, jika tidak, maka bisa lama menjadi pelajar Paket A/B/C.

6.Tidak ada kenaikan kelas tetapi yang ada adalah selesai tidaknya SK/KD (standar kompetensi) itu dilaksanakan dan lulus,  jadi mirip dengan kegiatan perkuliahan. Jika mata kuliah sudah selesai dan tesnya berhasil maka mata kuliah itu tidak lagi dipelajari. Begitu juga Standar Kompetensi paket C ini, bila mata pelajaran nilainya sudah memenuhi standar minimal, maka kalian tidak perlu lagi belajar. Singkatnya, belajar di Paket C  lulus tidaknya ditentukan dari lulus per mata pelajaran, kemudian nanti ikut Ujian Nasional.

7. Bagi yg pernah duduk di SMA formal, dan ada bukti fisik berupa raport yang dilegalisir, maka kepada anda bisa langsung meneruskan kelas yang belum diajarkan.

Iklan

272 thoughts on “Ujian Paket C Solusi Cepat Dapat Ijazah

  1. Halo min..
    Saya adlh salah satu siswa kejar paket B SKB kota Depok angkatan tahun ini yang telah mengikuti UN di bulan Mei kemarin dan ada bbrp hal yg mau saya tanyakan, diantaranya :

    1) Kapan saya dapat melihat nilai hasil UN saya & mengambil Ijazah saya?

    2) Apakah saya dpt langsung mendaftar utk mengikuti skolah kejar paket C di tahun ini atau saya harus menunggu beberapa tahun lagi?

    Mohon respon-nya, sekian & terima kasih 🙂

    Suka

    • thanks for come here..
      1) komunikasi intensif kepada penyelenggara di mana Pierre M mengikuti, pastikan no kontak dan orang yang berwenang menjelaskannya. Pengambilan ijazah setelah di cap 3 jari dan ditempeli foto dan di tandatangani oleh kepala UPT/Dinas. masalah kapan waktunya, tiap daerah beda-beda.Untuk Jakarta bulan ini sudah bisa diterima..

      2) kamu bisa ikut dan mendaftar ke Paket C, pastikan mendaftar dengan mengisi formaulir dan pastikan sudah masuk ke dapodik. Tanyakan kepada lembaganya.

      Suka

  2. Sebelumnya saya mau tanya.saya mau ikut paket c tapi usia saya sudah 40th.apakah saya bisa langsung ikutan ujian paket c.saya sudah ada ijazah smp .pernah sekolah sma tapi kls 1.krn keterbatasan biaya aku putus sekolah .
    Apakah saya bisa ikut ujian paket c tanpa hrs mengulang dari kls 1?

    Suka

  3. permisii,, bgni pk,, sya inikan skrg umur 16 thn,, teruzz sya putus sekolah setelah lulus sd,, apakah bisa thn dpn 2017 sya ambil paket b,, setelah itu sya lanjut MA????

    Suka

      • Gk bisa yaa klo ijazah pake b dengan c selang waktu 1 / 2 tahun ?

        ==> Jawab
        Dear Kevin

        Iya tidak bisa, karena yg mengatur adalah kemerntrian bukan lembaga
        lembaga hanya tempat belajar dan membelajarkan agar tuntas program yg dicanangkan pemerintah untuk peserta didik.

        salam Edukasi

        Suka

  4. .pak saya mau ikut paket c apa bisa kalau saya masuk tiap akhir pekan soalnya saya kerja juga n kira” biayanya berapa ya..?

    .
    Jawab:
    Silakan datang saja dulu main-main ke lokasi Sabtu dan Minggu
    jika cocok ya daftar jika tidak cocok ya tidak perlu daftar

    Suka

  5. Apa ada biayanya, kalo ada berapa? Kalo daftar sekarang kapan tes dan dapat ijasahnya?

    === Jawab:
    yg pasti ada biayanya besarnya sangat terjangkau dan bisa dicicil
    pendaftaran Rp500 rbu

    testing setiap tiga bulans ekali
    dapat ijazahnya setelah mengikuti ujian nasional
    yg memberi ijazah adalah negara bukan lembaga.

    Suka

  6. Min apakah boleh ikut kejar paket c??Umur masih 16 lulusan smp kemarinn area rungkut surabaya???Infonya…

    === Jawab:
    boleh asal usia ijazah terakhir selang 3 tahun

    Suka

  7. Permisi saya mau nanya kalo nilai kita jelek pada saat mengikuti paket c, itu kita bakal lulus atau enggak

    … Jawab:
    kalau nilainya kurang di Ujian Nasional Paket C, maka dipersilakan untuk memperbaiki ujian susulan.
    lulus tidaknya tergantung lembaga tempat anda belajar apakah meluluskan atau tidak.

    Suka

  8. sebelumnya saya mau tanya saya sudah berusia 18tahun sekarang sdng dduk di bangku paket C kls X,dn tmn2 seangkatan saya sudh dduk di bangku kuliah,yg jdi pertanyaan saya jika sya ikut paket the c langsung ikut kls 3 bahaya tdk ya saat nanti di perguruan tinggi?

    ….
    Jawab:
    Jika masuk perguruan tinggi tanpa belajar di SMA, akan kesulitan

    Suka

  9. Malam pak, sy mau bertanya, usia sy skrg 20 tahun, sy berhenti sekolah kelas 2 smp.. sy mau ambil paket B dan C. Kira2 butuh wktu berapa lama pak untuk setiap paket nya, dan juga arahan nya untuk sekolah paket di jakarta daerah mana ya pak

    Suka

  10. saya dijakarta barat dan saya ingin kejar paket C, kalau boleh tau tempat untuk pembelajaran paket C dimana ya..

    ==> jawab
    dear Andra Fahreza
    silakan googling saja, banyak sekali di Jakarta Barat
    jika mau di tempat kami
    silakan hubungi
    PKBM Edukasi Jakarta
    Jl. Peninggaran Timur II/2 RT.005/09
    Keb. Lama Utara, Jakarta Selatan

    Suka

  11. Selamat siang, saya mau nanya.
    Ada anak umur 20thn, tp baru punya ijazah paket A. Bisa gak lgsg ikut ujian paket C?

    ==> Jawab

    Dear Anne
    Mohon maaf tidak bisa langsung dari Paket A ke Paket C
    harus berjenjang menguasai mapel Paket B

    Suka

  12. Ada juga keponakan saya umur 20thn sama 20thn. Mau ikut paket C. Bgmn caranya?

    ==> Jawab
    Dear Anne

    silakan mendaftar ke PKBM, Syarat2:
    1. Fotocopy Ijazah dan SHUN yang dilegalisir stempel asli
    2. KK dan Akte kelahiran
    3. Raport terakhir yang dimiliki
    4. surat pindah jika drop out
    5. mengisi formulir pendaftaran

    Suka

  13. selamat malam pak.. maaf pak sy mau tanya.. usia sy sdh 38thn tp sy dulu cm skolah sd tidak lulus kira2 sy mau ikut paket c dan b masih bisa pa tidak ya?

    == Answer:
    malam Pak Sasmita
    bisa ikut Paket C dengan syarat:
    1. sudah memiliki ijazah Paket A
    2. sudah memiliki ijazah Paket B
    3. mengikuti pendidikan Paket C

    lama belajar sekitar 7 tahun an

    salam Edukasi

    Suka

  14. pak saya mau bertanya, saya dropout kelas 2 smk tetapi saya ingin sekolah paket c setelah saya keluar sekolah apakah bisa pak langsung paket c habis dropout.. saya ingin lulus bareng dengan teman sebaya saya trims.

    ==> Answer:
    Sdr Ahmad Rosyid
    Silakan mas, mendaftar dengan membawa surat pindah dari SMK dan raport lengkapnya..
    salam Edukasi

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s