Pembelajaran Kooperatif Tingkatkan Prestasi Siswa

PKBM Edukasi – Pembelajaran kooperatif dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.Desain pembelajaran  ini atau disebut dengan  take and give berbasis kesetaraan gender dalam  pelajaran pendidikan kewarganegaraan mampu meningkatkan prestasi belajar siswa.

Hal itu telah dibuktikan oleh Nanik Irawati, Guru PKN SMPN 3 Surabaya, dengan menerapkan desain pembelajaran tersebut sejak 2010. “Saya menerapkan kepada siswa siswi SMPN 3 pembelajaran tentang kesetaraan gender, dimana anak laki-laki dan perempuan tidak ada perbedaan,” ujarnya kepada InfoPublik, di Kantor Dinas Pendidikan, Surabaya, Kamis (10/5).

Setelah melalui penelitian tentang Kriteria Ketepatan Minimal (KKM), desain pembelajaran kooperatif take and give tersebut diberlakukan. Ternyata, anak perempuan lebih aktif dan bertanggung jawab kalau diberikan tugas oleh guru. Mereka lantas diberikan motivasi agar jangan mau kalah nilainya dengan anak laki-laki yang sebelumnya cenderung lebih pintar.

Nanik menjelaskan desain pembelajaran kooperatif take and give berbasis kesetaraan gender ini masuk dalam Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan, yaitu pembelajaran saling memberi, menerima. Mereka belajar dalam kelompok-kelompok kecil untuk mengeluarkan pendapat bersama tentang HAM. “Jadi dimana konvensi perempuan ada, hak perempuan di mana, tidak ada perbedaan bahwa laki-laki dan perempuan itu setara,” jelasnya.

Setelah diterapkannya pembelajaran take and give, ternyata ada perubahan pada anak laki-laki, yang semula KKM-nya di bawah 75, meningkat semua mencapai standar. Anak-anak menjadi lebih menyenangkan, menarik. Mereka tidak mau duduk manis, tetapi selalu aktif belajar. Tapi, karena kooperatif, mereka bisa berpikir individu dan berkelompok. “Kami menerapkan pembelajaran ini hanya dua jam dalam seminggu,” jelas Nanik.(dry)

Sumber: http://infopublik.kominfo.go.id/?page=news&newsid=21697

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s