Mendiknas: PT bisa Dituntut Jika Menolak Ijazah Paket C

Menteri Pendidikan Nasional Masa Awal Presiden SBY, Bambang Sudibyo mengatakan, Perguruan tinggi dianggap melanggar hak azasi manusia jika menolak lulusan yang memadai namun ditolak oleh perguruan tinggi. Meski demikian, perguruan tinggi melalui hak otonominya bisa menetapkan kriteria masing-masing.


Menurutnya, pemerintah dalam hal ini,  menjamin hak setiap siswa mendapatkan pendidikan lebih baik sehingga perguruan tinggi (PT) bisa dituntut jika menolak siswa yang menempuh ujian Paket C sepanjang siswa itu memadai untuk diterima.

Ia pun menegaskan pula bahwa bagi mereka yang tidak lulus ujian nasional sebenarnya sudah diatur dalam UU Sisdiknas tahun 2005. “Paket C sudah diatur dalam sistem UU kita. Itu dimaksudkan supaya tidak ada sistem itu yang memblok orang untuk mendapatkan haknya atas pendidikan,” jelasnya.

Menurut Mendiknas, hingga saat ini pihaknya belum mendapat informasi dari warga masyarakat yang melaporkan adanya penolakan oleh perguruan tinggi karena alasan tersebut. “Memang yang saya dengar UGM menyatakan mau menerima,” katanya.

Mendiknas juga mengatakan pihaknya sudah mengeluarkan himbauan kepada seluruh perguruan tinggi, KSAD, KSAU, KSAL, Kapolri, para gubernur dan walikota bahwa hak untuk melanjutkan pendidikan itu terkait dengan hak asasi manusia.

Dari beberapa ungkapan Mendiknas itu, maka dapat dipastikan bahwa ijazah paket C itu dapat memenuhi hak dan kesetaraan dengan ijazah pendidikan formal. Tidak ada perbedaan dan sama-sama memiliki hak yang sama.

8 thoughts on “Mendiknas: PT bisa Dituntut Jika Menolak Ijazah Paket C

      • Pak…jika ada PTS yg menolak ijasah paket C kemana saya hrs melaporkan hal tsb?
        Krn PTS tsb dgn jls mengatakan kami tdk menerima ijasah paket C utk fak.kedokteran dan dikatakan bahwa ini adalah otonomi kampus.
        Saya berpikir dgn demikian apa yg dikatakan kemendikbud masih belum merupakan otoritas sehingga msh ada kampus yg spt itu…

        ….
        Dear Ibu Grace Irene
        Mungkin bisa bu ditanyakan ke bagian Dikti Kemendikbud, mungkin akan ada kejelasan.

        Suka

  1. Anak saya lulusan paket C dari skolah HomeSchooling. Bbrp mg lalu pergi mencari informasi ke salah PTS (fak.kedokteran) dan secara lgs ditolak “maaf, kami tdk menerima ijasah paket C”. Ketika anakku mengatakan tapi ijasah paket C itu diijinkan pemerintah utk melanjutkab ke PT manapun jg, pihak kampus mengatakan ” ini otonomi kampus”
    Saya pikir apa PTS tsb mungkin berdiri di luar NKRI.
    Ke situs mana saya hrs menyampaikan hal tsb? Jika saudara mengetahuinya mohon bantuannya. Tq

    Suka

  2. Maaf pak…kalo untuk pengaduan ttg penolakan ijasah paket C kita harus kemana ya…
    Anak saya telah ditolak mentah2 oleh sebuah PTS karena anak saya mengantongi ijasah paket C dan secara terus terang mengangap sepele nilai dari ijasah paket C, anak saya minta di tes mereka tetap menolak, ketika di sampaikan ini ada UU nya dsb…mereka mengatakan ini adalah otoritas kampus.
    mohon bantuan siapa sj yg bisa memberikan info ttg dimana saya harus mengadukan masalah ini krn saya harus memperjuangkan hak anak saya untuk mendapat pendidikan.
    Anak saya ikut paket C krn mengenyam pendidikan lewat HomeSchooling dlm rangka mempersiapkan diri utk cita2nya menjadi seorg dokter.
    Atas bantuan siapa sj saya ucapkan terima kasih.
    Yg bisa membantu ini email saya: GraceMatt75@gmail.com atau WA/SMS 081211616800

    Suka

Tinggalkan Balasan

